Jumat, 19 Juni 2015

Gunung Pancar 1
Gunung Pancar
Sebelum Puasa

Sebelum Puasa, di Hari Minggu, 13 Juni 2015. Saya dan partner berangkat dari Cijantung, Pasar Rebo di pagi buta. Seperti biasa usai Shalat Subuh. Karena sekali lagi ini adalah perjalanan menuju tempat yang belum kami tahu sama sekali di mana lokasinya.

Sebenarnya dulu saya pernah mengunjungi tempat ini dengan beberapa teman, namun saat itu kami berangkat malam hari dan memang sulit mengingat saya tidak bisa mengingat rute menuju lokasi itu. Yang saya ingat adalah Sirkuit Sentul, Hotel Harris dan Pintu Gerbang area Gunung Pancar.

Ternyata...

Rute yang kami lalui hampir sama dengan rute saat kami menuju Leuwi Hejo. Namun di pertigaan setelah melewati Sirkuit Sentul menuju Perumahan Sentul, tepat di pertigaan Hotel Harris kami mengambil ke arah kanan menuju Jalan Raya Babakan Madang karena itu sesuai petunjuk yang kami baca dari beberapa blog.

Cukup lama saat akhirnya kami terkejut ternyata jalan itu menembus tepat di sebelah pintu masuk Jungle Land dan bila kita belok ke arah kanan adalah menuju arah sentu.

"Ohhh... Tembusnya ke sini?" Itu kalimat yang keluar dari mulut kami saat tiba di depan Pintu Gerbang Jungle Land.

Ternyata rute yang harus kami tempuh memang sama dengan rute sebelumnya saat kami menuju Leuwi Hejo, namun tepat di pertigaan setelah pertigaan Indomaret kami mengambil jalur kiri, bukan lurus seperti saat menuju Leuwi Hejo.

Perjalanan tidak begitu jauh dari saat kami mengambil jalur kiri. Setelah sekitar satu kilo meter lebih menempuh perjalanan menanjak, akhirnya kami tiba di pintu / gerbang masuk.

Gunung Pancar 2

Gunung Pancar 12

Gunung Pancar 13

Gunung Pancar 14

Pemandangan lokasi yang dipenuhi hutan pinus cukup menenangkan dan mengasyikan. Untuk sekedar foto - foto dan refreshing gunung pancar cukup rekomended.

Gunung Pancar 15

Gunung Pancar 16

Gunung Pancar 17

Gunung Pancar 18

Gunung Pancar 19

Budget & Fasilitas

Tiket Masuk Area Gunung Pancar Rp. 20.000,- untuk 2 orang & 1 motor. (exclude Parkir)
Lokasi cukup aman dan nyaman. Area parkir luas
Ada Area untuk anda yang mau nge-Camp.
Banyak Penjual dengan harga yang sedikit bisa di bilang cukup mahl namun tetap masuk akal.
Hutan Pinus yang terawat dan asri.
Ada track untuk yang doyan Downhill.
Toilet yang bersih.

Gunung Pancar 20
Pergi dari area Pemandian

Tiket masuk area pemandian Rp 20.000,- untuk 2 orang & 1 motor. (exclude Parkir)
Lokasi dan fasilitas tidak begitu menarik bagi saya, hingga akhirnya setelah masuk, kami langsung memutuskan untuk keluar dari area pemandian.

Katanya ada area pedesaan dengan nama Kawah Putih & Kawah Merah namun harus masuk dulu ke area pemandian air panas. Namun karena kami merasa sedikit "tertipu" maka kami urung untuk mengunjungi area pedesaan tersebut yang katanya bagus untuk hunting foto.

Gunung Pancar 21

Gunung Pancar 23

Bukan masalah anda mengatakan "Indonesia Itu Indah" tapi ini adalah tentang bagiamana kita memaknai dan mensyukuri keindahan itu sendiri. Syukuri & Nikmati.